Selasa, 29 Maret 2016

Biografi Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani r.a.

Assalamu'alaikum, berikut ini sedikit keterangan tentang biografi Syekh Muhammad Hisyam Kabbani.
Beliau adalah seorang Ulama Ahl sunnah wal jama'ah dengan wawasan dan pengalaman luas, serta memiliki pengaruh dakwah yang signifikan baik di temp at asalnya Beirut, dan Internasional. Beliau adalah keturunan Nabi Muhammad SAW baik dari jalur Ayah ataupun jalur Ibunya.

Latar belakang pendidikan beliau: diawali dengan bidang Kimia di American University. of Beirut, selanjutnya melanjutkan studi dalam bidang kedokteran specialis anak di UniversitY 'of Louvain, Belgia, semua diselesaikan dalam waktu yang singkat. Sehingga beliau sempat menyelesaikan gelar pula dalam bidang Syari'ah Islam dari AI Azhar University hingga ke tingkat Masterate. Dalam bidang Tasawwuf ilmu Tafsir Qur'an, dan Ma'rifah beliau dibimbing oleh Grand Shaykh Abdullah Faiz Ad-Daghestani dan Shaykh Muhammad Nazim Adil Haqqani selama kurang lebih tiga puluh tahun.Beliau adalah seorang ulama dan syekh Sufi dari Timur Tengah. Ia adalah lulusan American University di Beirut di bidang Kimia dan dari sana ia mengambil gelar Kedokteran di Louvain, Belgia. Ia juga meraih gelar di bidang Syariah dari Damaskus. Sejak masa kanak-kanak, ia menemani Syekh 'Abdullah ad-Daghestani dan Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani, grandsyekh dari Tarekat Naqsybandi 'Aliyyah di masa ini. Ia telah banyak melakukan perjalanan ke seluruh Timur Tengah, Eropa, dan Timur Jauh dalam menemani syekhnya.

Pada tahun 1991 ia pindah ke Amerika dan kemudian mendirikan yayasan Tarekat Sufi Naqsybandi-Haqqani di Amerika.

Sejak saat itu, ia telah membuka tiga belas Pusat Sufi di Kanada dan Amerika Serikat. Ia telah memberi kuliah di banyak universitas, termasuk Oxford, University of California di Berkeley, University of Chicago, Columbia University, Howard, McGill, Concordia, Dawson College, begitu pula di banyak pusat religius dan spiritual di seluruh Amerika Utara, Eropa, Timur Jauh dan Timur Tengah.

Ke mana pun Syekh Hisyam Kabbani pergi, kegiatannya adalah menyebarkan ajaran Sufi dalam lingkup persaudaraan antar umat manusia dan kesatuan dalam kepercayaan terhadap Tuhan yang terdapat dalam semua agama dan jalur spiritual. Usahanya diarahkan untuk membawa spektrum keagamaan dan jalur-jalur spiritual yang beragam ke dalam keharmonisan dan kerukunan, dalam rangka pengenalan akan kewajiban manusia sebagai khalifah di planet yang rentan ini dan satu sama lainnya.

Sebagai seorang syekh Sufi, Syekh Hisyam, telah diberi otoritas dan izin untuk membimbing para pengikutnya menuju Kecintaan terhadap Tuhan dan menuju maqam-maqam yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta bagi mereka. Pelatihan spiritualnya yang berat selama 40 tahun di bawah bimbingan grandsyekh dan syekhnya telah memberinya kualitas luhur mencakup kebijaksanaan, cahaya, kecerdasan, dan kasih sayang yang diperlukan bagi seorang Guru sejati dalam Tarekat.

Pencapaian misi Syekh Hisyam di Amerika adalah kontribusinya yang unik bagi Upaya Manusia dalam mencapai takdir tertingginya, yaitu kedekatan dengan Tuhan. Perjuangannya untuk menyatukan hati umat manusia dalam perjalanan mereka menuju Hadirat Ilahi barangkali merupakan warisan terbesarnya bagi dunia Barat.

Dalam bidang bahasa, terutama beberapa dialek Bahasa Arab, beliau menguasai secara aktif, juga berbagai bahasa lain Turki, Perancis, Inggris, Belanda, Urdu.

Beliau sempat cukup lama tinggal di Arab Saudi sebagai Manajer dan Dokter specialis (MD) pada beberapa rumah sakit ternama di Jeddah dan Madinah; bersamaan dengan hal tersebut beliau banyak belajar dari para Imam dan Mursyid Thariqah baik di Madinah maupun Makkah al Mukaromah.
Atas perintah Shaykh Muhammad Nazim Adil Haqqani beliau telah menyelesaikan beberapa khalwat bervariasi diantara empat puluh hari hingga enam bulan. Diantaranya dilakukan di Madinah dekat Masjid Nabi Muhammad saw serta di Yaman dan Jordania. Pada tahun 1991 atas perintah Shaykh Muhammad Nazim Haqqani, Shaykh Muhammad Hisham Kabbani melangkahkan kakinya untuk memulai dakwah di benua Amerika. Pada saat itu beliau memulai di California bertujuan untuk
menyebarluaskan ajaran Islam sebagai dicontohkan Nabi Muhammad saw dan para sahabat. Sejak saat itu pula beliau ditasbihkan sebagai khalifah Shaykh Nazim Adil
Haqqani An-Naqshbandi di benua Amerika.
Alhamdulillah wa syukurilliih, hingga saat ini lebih 100.000 non muslim di Amerika dan sekitarnya telah disyahadatkan oleh beliau, dibimbing melaksanakan Rukun Islam (syari'ah), dalam hal spiritual (Iman & Ikhsan) menjadi salik Thariqah Naqshbandi alHaqqani. Shaykh Hisham Kabbani aktif memberikan ceramah, dan hadir di banyak konferensi dalam usaha perjalanan dakwah beliau selama ini. Tempat-tempat yang banyak beliau kunjungi adalah Universitas dengan melaksanakan diskusi ilmiah Islam atau dialog interfaith, misalnya di UC Berkeley, McGill University, UCLA, University of Stanford, Harvard, University of Toronto, Howard University, University of Montreal, Universityof Chicago, SUNY, UC San Diego, dan lain sebagainya.
Sampai tahun 1998 telah banyak pusat-pusat Suluk/ zawiyyah (retreat centers) didirikan di Amerika, misalnya di California (L.A, San Fransisco, San Jose, Hollywood, Beverly Hills, Los Altos, Oakland), Toronto, New York, Michigan, dan Washington, D.C. Pusat-pusat dakwah, mushola, dan zawiyyah didirikan di lokasi-Iokasi yang beliau rasakan diperlukannya proses dakwah spiritual Islam secara kontinu dan terbimbing. Hingga saat ini tumbuh pusat-pusat Sufisme diseluruh kota di Amerika Utara, Amerika Serikat dan Amerika Selatan.

Tak ada satupun negara di Eropa yang tidak memiliki perwakilan Naqshbandi Haqqani. Rusia, Jepang, Malaysia, Singapore, Indonesia akan selalu dapat ditemui murid Naqshabdni Haqqani hingga ke Australia dan Afrika.  Silahkan akses www.mevlanasufi.blogspot.com untuk mengetahui Cabang Naqshbandi Haqqani diseluruh dunia berikut Portal Sufi yang dapat diakses sesuai bahasa setempat.
Beberapa posisi yang beliau duduki saat ini di Amerika antara lain :
1. President Islamic Supreme Council of America
2. The Muslim Magazine, President
3. As Sunnah Foundation of America, Chairman
4. Unity One, sebuah organisasi ditujukan untuk
   perdamaian antar gank di Amerika, Advisor
5. Human Rights Council, USA, Advisor
6. American Islamic Association of Mental Health    Providers, Advisor
7. Office of Religious Persecution, U.S Department of  State, Advisor
Beberapa publikasi yang telah beredar secara Internasional antara lain :
1. Naqshbandi Sufi Way - The Story of The Golden Chain
2. Angles Unveiled
3. Pearls & Coral, Volume I & II
4. Encyclopedia of Islamic Doctrine and Beliefs (7
   volumes, 1,500 pages)
5. The Permissibility of Mawlid
6. 'Salafi' Unveiled, (www,mevlanasufi.blogspot.com)
7. Approach of Armageddon ( www,naqshbandi.org)

April tahun 1997 beliau untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Kunjungan ke-dua dan 'ke-tiga dilaksanakan pada tahun 1998 dan 2000. Alhamdulillah wa syukrillah, perjalanan dakwah beliau di Indonesia berjalan dengan baik dan mulus ditandai dengan didirikannya Zawiyyah Naqshbandi Haqqani pertama kalinya di wilayah Kampung Melayu, Jakarta beberapa tempat tersebar untuk diadakannya zikir
khatam kwajagan dua kali seminggu seiring bertambahnya jama'ah dan murid beliau.
Yayasan Haqqani Indonesia telah didirikan sejak tahun 2000 sebagai cabang Haqqani Foundation International yang sudah tersebar di beberapa negara. Yayasan mempunyai fungsi sebagai payung kegiatan yang bersifat spiritual dan non-spiritual. Sampai saat ini murid beliau tersebar di Bandung, Jakarta, Cililin, Nagrek, dan Pekalongan. Puluhan ribu santri beserta para pimpinan Pondok Pesantren di Cililin (AI-Bidayah), Nagrek/Cicalengka (AI Falah), dan Wonopringgo, Pekalongan (At Taufiqy) menyerahkan bai'at Thariqah Naqshbandi al-Haqqani kepada beliau, atas nama Shaykh Muhammad Nazim Adil Haqqani An-Naqshbandi.

[edited, dari berbagai sumber] http://www.naqshbandi.org/